Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ringkasan Seni Rupa Kelas 10 Unit 4 Kurikulum Merdeka

Kasuvela.com – Rangkuman Materi Seni Rupa Kelas 10 SMA/SMK Semester 1 Unit 4 Konsep Eksplorasi dan Eksperimentasi Karya Seni Rupa pada Kurikulum Merdeka.

Halo sobat pendidikan, kali ini admin kasuvela akan memaparkan hasil rangkuman atau ringkasan materi pelajaran seni rupa kelas 10 SMA/SMK khususnya pada materi Unit 4 tentang Konsep Eksplorasi dan Eksperimentasi Karya Seni Rupa.

 

Ringkasan/rangkuman materi Seni Rupa kelas 10 Unit 4 yang berjudul Konsep Eksplorasi dan Eksperimentasi Karya Seni Rupa, sengaja admin buat untuk bisa membantu sobat pendidikan yang sekiranya membutuhkannya. Seluruh hasil ringkasan materi ini admin kasuvela ambil dari sumber buku teks pelajaran seni rupa kelas 10 SMA/SMK Kurikulum Merdeka.

 

Materi seni rupa kelas 10 SMA Unit 4 Konsep Eksplorasi dan Eksperimentasi Karya Seni Rupa, yang akan admin sajikan di artikel ini merupakan materi yang akan di pelajari pada semester 1 kurikulum merdeka. Bagi anda yang disekolahnya telah menggunakan kurikulum merdeka dan mempelajari mata pelajaran seni rupa kelas 10 maka dapat memanfaatkan rangkuman ini sebagai bahan belajar agar dapat lebih mudah dalam memahami tahapan materi yang nantinya akan di pelajari pada mapel seni rupa kelas 10 Unit 4.

 

Baiklah di bawah ini sajian rangkuman/ringkasan materi pelajaran seni rupa kelas 10 SMA Unit 4 Konsep Eksplorasi dan Eksperimentasi Karya Seni Rupa.

 

UNIT 4 KONSEP EKSPLORASI DAN EKSPERIMENTASI KARYA SENI RUPA

Pada Unit 4 ini siswa akan mempelajari konsep eksplorasi dan eksperimentasi karya seni rupa dengan memakai aneka alat, teknik, proses dan teknologi sebagai penyambung dari unit 3 dan menghasilkan karya dua dimensi di akhir pelajaran Unit 5. Unit ini meliputi pengenalan konsep dan prinsip kesadaran mengetahui potensi diri dan potensi lingkungan sekitar.

 

A. Konsep Eksperimentasi dan Eksplorasi dalam Membuat Karya Seni Rupa

Salah satu kendala dalam membuat karya seni rupa yaitu terbatas dan tidak tersedianya berbagai perangkat, peralatan dan perlengkapan berkarya. Dalam unit ini, siswa diajak untuk berpikir memanfaatkan potensi di sekitar mereka untuk menjawab keterbatasan dan ketidaktersediaan berbagai perangkat, peralatan dan perlengkapan berkarya. Setelah itu siswa diajak untuk berani bereksperimen dalam berkarya.

 

Dengan bereksperimen, siswa dimungkinkan untuk mengeksplorasi kemungkinan-kemungkinan baru dengan tanpa batasan, dengan bebas dan menemukan sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Dengan menggabungkan bahan yang tersedia di sekitar siswa, dikombinasikan dengan berbagai macam teknik yang telah dipelajari, sangat memungkinkan untuk siswa membuat karya seni yang menarik dan kontekstual.

 

B. Penggunaan Alat dan Bahan dalam Membuat Karya Seni Rupa.

Pengenalan konsep kesetaraan

Kondisi di setiap daerah sangat beragam, karenanya masing-masing sekolah memiliki keunggulan dan tantangan sendiri-sendiri. Guru diajak untuk secara bijaksana mengajak siswa memperhatikan kondisi wilayah sekolahnya masing-masing dan belajar untuk memanfaatkan keunggulan yang dimiliki dan mengacuhkan tantangan yang datang karena keterbatasan.

 

C. Penggunaan Elemen Seni Rupa dalam Membuat Karya Seni Rupa

Siswa diajak berkegiatan singkat dengan melakukan kegiatan di bawah ini:

Latihan mencampur warna dari warna dasar dan mencari makna warna sebagai penguat emosi karya “RODA WARNA”.

Berikut ini contoh gambar Roda Warna:


Tahapan Pelaksanaan Kegiatan:

  1. Sebelum memulai kegiatan, guru meminta siswa membuat lingkaran dengan membagi lingkaran ke dalam minimal 9 ruang. Kegiatan ini dapat dilakukan sendiri maupun berkelompok.
  2. Jika telah ada 9 ruang, beri warna kuning pada ruang pertama yang diisi warna (ruang ke 1), selanjutnya beri warna merah pada tiga kolom berikutnya setelah warna kuning (ruang ke 4), dan tiga kolom berikutnya lagi diberi warna biru (ruang ke 7).
  3. Ruang ke 2 diisi dengan hasil pencampuran 70% Kuning 30% Merah.
  4. Ruang ke 3 diisi dengan hasil pencampuran 30% Kuning dan 70% Merah.
  5. Ruang ke 5 diisi dengan hasil pencampuran 70% Merah dan 30% Biru.
  6. Ruang ke 6 diisi dengan hasil pencampuran 30% Merah dan 70% Biru.
  7. Ruang ke 8 diisi dengan hasil pencampuran 70% Biru dan 30% Kuning.
  8. Ruang ke 9 diisi dengan hasil pencampuran 30% Biru dan 70% Kuning.

 

Demikianlah yang bisa admin kasuvela bagikan pada kesempatan kali ini, semoga ringkasan materi seni rupa kelas 10 Unit 4 yang berjudul “Konsep Eksplorasi dan Eksperimentasi Karya Seni Rupa” tersebut bisa menjadi referensi dan bahan belajar yang dapat membantu siswa maupun Guru dalam melakukan aktivitas pembelajan pada kurikulum merdeka.